Perusahaan
Dalam Lingkungannya
Lingkungan
perusahaan terdiri dari pemerintah, masyarakat keuangan, masyarakat global, pelanggan,
pesaing, pemegang saham. Pemasok dan serikat buruh. Diantara masing-masing
lingkungan tersebut membutuhkan sumber daya yang berbeda-beda antara lain :
air, uang, material, personil dan sebagainya.
Keunggulan kompetitif
Banyak cara
mencapai keunggulan kompetitif diantaranya, menyediakan barang dan jasa dengan
harga murah, menyediakan barang dan jasa dengan lebih baik daripada pesaingnya
dan memenuhi kebutuhan khusus suatu segmen pasar tertentu. Pada bidang computer,
“keunggulan kompetitif” mengacu pada pengguna informasi untuk mendapatkan “Leverage”
di pasaran. Artinya, perusahaan tidak selamanya mengandalkan pada sumberdaya
fisik, tetapi pada sumber daya konseptual yang unggul data dan informasi yang
dapat di gunakan sama baiknya.
Sumber Daya
Informasi
Sumberdaya informasi
terdiri dari perangkat keras computer, perangkat lunak computer, para spesialis
informasi, pemakai fasilitas, database, dan nformasi. Perusahaan harus
mengelola sumberdaya tersebut untuk mencapai hasil yang di inginkan.
Perencanaan Strategis
Perencanaan jangka
panjang juga di kenal sebagai perencanaan strategis karena mengidentifikasi
tujuan-tujuan yang akan memberikan perusahaan yang paling menguntungkan dalam
lingkungannya, serta menentukan strategi untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.
Setelah rencana di tetapkan, tiap area fungsional bertanggung jawab untuk
mengembangkan rencana strategis mereka sendiri. Rencana-rencana fungsional merinci
bagaimana area-area tersebut akan mendukung perusahaan saat perusahaan bekerja
menuju tujuan strategisnya.
Konsep
Manajemen Sumber Daya Informasi
Manajemen
sumberdaya informasi (information resources management – IRM ) adalah aktivitas
yang di jalankan manager pada semua tingkatan dalam perusahaan dengan tujuan
mengidentifikasi, memperoleh, dan mengelola sumberdaya informasi yang
dibutuhkan untuk memenuhi keperluan pemakai.
Elemen-elemen
IRM yang diperlukan adalah :
1.
Kesadaran
bahwa keunggulan kompetitif dapat dicapai melalui sumberdaya informasi yang
unggul
2.
Kesadaran
bahwa jasa informasi adalah suatu are fungsional utama
3.
Kesadaran
bahwa CIO adalah eksekutif puncak
4.
Perhatian
pada sumberdaya informasi perusahaan saat membuat perencanaan strategis
5.
Rencana
strategis formal untuk sumberdaya informasi
6.
Strategi
untuk mendorong dan mengelola end user computing.
Daftar Pustaka
·
George H
Bodnar-William S.Hopwood, Sistem Informasi Akuntansi, edisi 9. Yogyakarta. Andi
Yogyakarta:2006
·
McLeod,Raymond
Jr. Sistem Informasi Manajemen. Jilid 2 edisi ketujuh. Jakarta. PT team
Baru:1998
Tidak ada komentar:
Posting Komentar