Laman

Minggu, 23 Oktober 2011

Teknologi Informasi Sebagai Keunggulan Kompetitif


Perusahaan Dalam Lingkungannya
Lingkungan perusahaan terdiri dari pemerintah, masyarakat keuangan, masyarakat global, pelanggan, pesaing, pemegang saham. Pemasok dan serikat buruh. Diantara masing-masing lingkungan tersebut membutuhkan sumber daya yang berbeda-beda antara lain : air, uang, material, personil dan sebagainya.

Keunggulan kompetitif
Banyak cara mencapai keunggulan kompetitif diantaranya, menyediakan barang dan jasa dengan harga murah, menyediakan barang dan jasa dengan lebih baik daripada pesaingnya dan memenuhi kebutuhan khusus suatu segmen pasar tertentu. Pada bidang computer, “keunggulan kompetitif” mengacu pada pengguna informasi untuk mendapatkan “Leverage” di pasaran. Artinya, perusahaan tidak selamanya mengandalkan pada sumberdaya fisik, tetapi pada sumber daya konseptual yang unggul data dan informasi yang dapat di gunakan sama baiknya.

Sumber Daya Informasi
Sumberdaya informasi terdiri dari perangkat keras computer, perangkat lunak computer, para spesialis informasi, pemakai fasilitas, database, dan nformasi. Perusahaan harus mengelola sumberdaya tersebut untuk mencapai hasil yang di inginkan.

Perencanaan Strategis
Perencanaan jangka panjang juga di kenal sebagai perencanaan strategis karena mengidentifikasi tujuan-tujuan yang akan memberikan perusahaan yang paling menguntungkan dalam lingkungannya, serta menentukan strategi untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut. Setelah rencana di tetapkan, tiap area fungsional bertanggung jawab untuk mengembangkan rencana strategis mereka sendiri. Rencana-rencana fungsional merinci bagaimana area-area tersebut akan mendukung perusahaan saat perusahaan bekerja menuju tujuan strategisnya.

Konsep Manajemen Sumber Daya Informasi
Manajemen sumberdaya informasi (information resources management – IRM ) adalah aktivitas yang di jalankan manager pada semua tingkatan dalam perusahaan dengan tujuan mengidentifikasi, memperoleh, dan mengelola sumberdaya informasi yang dibutuhkan untuk memenuhi keperluan pemakai.
Elemen-elemen IRM yang diperlukan adalah :
1.      Kesadaran bahwa keunggulan kompetitif dapat dicapai melalui sumberdaya informasi yang unggul
2.      Kesadaran bahwa jasa informasi adalah suatu are fungsional utama
3.      Kesadaran bahwa CIO adalah eksekutif puncak
4.      Perhatian pada sumberdaya informasi perusahaan saat membuat perencanaan strategis
5.      Rencana strategis formal untuk sumberdaya informasi
6.      Strategi untuk mendorong dan mengelola end user computing.

Daftar Pustaka
·         George H Bodnar-William S.Hopwood, Sistem Informasi Akuntansi, edisi 9. Yogyakarta. Andi Yogyakarta:2006

·         McLeod,Raymond Jr. Sistem Informasi Manajemen. Jilid 2 edisi ketujuh. Jakarta. PT team Baru:1998


Tidak ada komentar:

Posting Komentar