Laman

Rabu, 12 Oktober 2011

Peralatan Keluaran


Peralatan keluaran yaitu Peralatan yang mempunyai kemampuan mengkomunikasikan informasi hasil keluaran dari proses komputer kepada manusia atau mesin lain sehingga infomasi tersebut dapat digunakan. Peralatan keluaran antara lain: monitor; printer; voice output device (speaker).

A. Monitor

Monitor merupakan peralatan keluaran yang menghasilkan informasi pada layar sebagai medianya. Tampilan informasi lewat peralatan ini bersifat softcopy, artinya tampilan yang masih dapat diubah.
Jenis monitor yang dapat dikenal antara lain monitor monochrome (warna monitor hanya satu warna hijau, orange atau putih), CGA (Colour Graphics Adapter) yang memiliki empat sampai enam belas warna, EGA (Enhanched Graphics Adapter) yang memiliki enam belas sampai enam puluh empat warna, dan VGA (Video Graphics Array) yang memiliki dua ratus lima puluh enam warna atau lebih. Ada yang berbentuk seperti layar televisi dan ada yang berbentuk LCD dengan layar datar.

B. Printer

Printer adalah peralatan keluaran yang menghasilkan data berupa hasil cetakan pada kertas sebagai medianya. Tampilan yang dihasilkan bersifat hardcopy, artinya informasi yang tidak dapat diubah-ubah lagi.
Berdasarkan cara kerjanya printer dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu impact printer dan non-impact printer. Impact printeryang dalam menghasilkan suatu huruf atau gambar memakai ketukan secara fisik, yang termasuk dalam jenis ini adalahprinter dot matrix dan daisy wheel. Non-impact printer merupakan jenis printer yang dalam menghasilkan huruf atau gambar tidak menggunakan ketukan secara fisik tetapi dengan menggunakan tinta atau toner, yang termasuk printer jenis ini adalah inkjet printer dan laser printer.
Kualitas printer ditentukan dengan kecepatan, kualitas cetak, bentuk dan sistem pencetakan yang berbeda-beda.


c. Speaker Aktif


Peralatan ini berfungsi untuk menghasilkan suara yang telah diproses di dalam komputer.
Fungsi                : Mengeluarkan suara dari computer / device lain. Baik itu musik,suara manusia dll.
Cara Kerja        : Ketika mendengarkan suara dari sound card,data digital suara yang berupa waveform .wav atau mp3 dikirim ke sound card. Data digital ini di proses oleh DSP (Digital Signal processing : Pengolah signal digital) bekerja dengan DAC (Digital Analog Converter :Konversi digital ke Analog ). Mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, yang kemudian sinyal analog diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker.

Headphone


 Fungsi  : sama seperti speaker yaitu mengeluarkan suara namun dalam kapasita lebih kecil di bandingkan dengan speaker.
Cara Kerja        : suara yang telah di input melalui Microphone dikirim ke  soundcard Data digital ini kemudian diolah/ diproses Oleh DSP (Digital Singnal Processing) Yang bekerja dengan DAC (Data Analog Converter), yang mengubah sinyal digital Menjadi analog dan di keluarkan memlalui Headphones.

Proyektor LCD



Fungsi                  : untuk menampilkan gambar pada sebuahLayar.
Cara kerja        : bekerja berdasarkan prinsip pembiasan cahaya yang dihasilkan oleh panel-panel LCD. Panel ini dibuat terpisah berdasarkan warna-warna dasar, merah, hijau dan biru (R-G-B). Sehingga terdapat tiga panel LCD dalam sebuah proyektor. Warna gambar yang dikeluarkan oleh proyektor merupakan hasil pembiasan dari panel- panel LCD  tersebut yang telah disatukan oleh sebuah  prisma khusus. Gambar yang telah  disatukan tersebut kemudian dilewatkan  melalui lensa dan di”jatuh”kan pada layar  sehingga dapat dilihat sebagai gambar utuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar